Rabu, 17 Agustus 2011

Pengaruh Kelas Unggulan terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir (Abstrak)

ABSTRAK

ZAINAL MUSTOFA, (2011): “PENGARUH KELAS UNGGULAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI I TEMBILAHAN HULU KABUPA-TEN INDRAGIRI HILIR”

Adanya kebebasan setiap sekolah mengelola potensi yang ada di sekolah, maka dimungkinkan adanya pelayanan yang optimal terhadap siswa yang memiliki kecerdasan tinggi dan siswa yang memiliki kecerdasan rendah sesuai dengan potensi yang ia miliki. Oleh karena itu, pihak sekolah merespon potensi siswa yang memiliki kecerdasan tinggi dan bakat khusus dengan menyelenggarakan kelas unggulan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Persepsi siswa tentang kelas unggulan, hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas unggulan, pakah ada pengaruh antara kelas unggulan dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir dan faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-Juni 2011 di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir. Sampel dalam penelitian ini adalah 52 orang siswa di kelas unggulan dengan teknik pengumpulan data angket, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini termasuk penelitian ex-postfacto yaitu penelitian yang rangkaian variabel bebasnya telah terjadi ketika peneliti mulai melakukan pengamatan terhadap variabel terikat.
Dari penelitian didapatkan hasil persepsi siswa tentang kelas unggulan adalah 68,92% dengan kategori kuat, hasil belajar Pendidikan Agama Islam di kelas unggulan tergolong sangat kuat dengan nilai 85,77%, sedangkan  melalui regresi linear didapatkan hasil Fhitung (<) lebih kecil dari Ftabel yaitu Fhitung = 0,01 dan Ftabel = 4,03, maka dalam penelitian ini Ho diterima sehingga tidak terdapat pengaruh kelas unggulan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir tidak berpengaruhnya kelas unggulan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dikarenakan faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa dapat berlaku pada seluruh siswa baik di kelas unggulan maupun di kelas non unggulan.

Kata Kunci: Kelas Unggulan, Hasil Belajar Siswa, Pendidikan Agama Islam.



ABSTRACT

ZAINAL MUSTOFA, (2011) :”INFLUENCE OF SUPERIOR CLASS OF STUDENT LEARNING OUTCOMES IN THE SUBJECTS OF ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION IN PUBLIC JUNIOR HIGH SCHOOL I TEMBILAHAN HULU REGENCY INDRAGIRI HILIR”
    
Having the freedom to each school to manage the potential that exists in schools, then the possible existence of an optimal service to students with high intelligence and students who have low intelligence according to the potential he has. Therefore, the school respond to potential students who have high intelligence and special talents by organizing Superior class.
This study aims to find out: Perceptions of students about the Superior class, student learning outcomes in the subjects of Islamic Religious Education at the superior class, whether there is influence between the superior class with the learning outcomes of students in the subjects of Islamic Religious Education in Public Junior High School 1 Tembilahan Hulu Regency Indragiri Hilir and the factors that affect student learning outcomes in the subjects of Islamic Religious Education in Public Junior High School 1 Tembilahan Hulu Regency Indragiri Hilir.
The research was conducted in March-June 2011 at Public Junior High School 1 Tembilahan Hulu regency Indragiri Hilir. The sample in this study were 52 students in thesuperior class with  data collection techniques questionnaires, interviews and documentation. This research includes studies of ex-postfacto a series of studies of the independent variables have occurred when researchers began to make observations on the dependent variable.
From the research results obtained students' perceptions of superior class is 68.92% with a strong category, Islamic Religious Education learning outcomes in the superior class as very strong leading to the value of 85.77%, while the results obtained through linear regression Fcount (<) is smaller than Ftable with Fcount = 0.01 and Ftable = 4.03, then Ho accepted in this study so that there is no superior class influence on student learning outcomes in the subjects of Islamic Religious Education in Public Junior High School 1 Tembilahan Hulu Indragiri Hilir is not influential in leading the class against the learning outcomes of students in the subjects of Islamic Religious Education due to the factors that affect student learning outcomes can be applicable to all students both in superior class and non-superior class.

Keywords: Superior Class, Student Results, Islamic Religious Education.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar